Sabtu, 17 Maret 2012

Jenis - Jenis Olahraga Atletik | Difinisi Atletik

Dalam jenis olah raga, Olag raga yang paling terkenal dan sering di gunakan dalam sekolah - sekolah adalah jenis olah raga atletik. Olah raga Atletik memang harus di utamakan dalam pebelajaran di sekolah, terutama bagi anak - anak sekolah SD. Guru olah raga harus Bisa Dan wajib hukumya menguasai olah raga ini. Berikut Kulasan Dan jenis - jenis macam atletik, difinisi atletik dan olah raga yang di pertandingkan dalam atletik.
Cabang yang disebut induk atau ibu dari olahraga adalah atletik. Nomor yang diperlombakan dalam atletik ada beberapa macam, diantaranya adalah lari, lempar, lompat, dan tolak.Nomor lari jarak pendek adalah 100, 200, 400 m, sedangkan jarak menengah yang dilombakan adalah 800 m dan 1500 m. Untuk jarak jauh adalah 300, 5000, 10000 m, dan marathon (42,195 km).Sedangkan untuk lempar adalah lempar cakram, lempar martil, untuk tolak adalah tolak peluru, dan lompat adalah lompat jauh, lompat tinggi, lompat galah, lompat jangkit.

Dalam perlombaan lari jarak menengah, pelari menggunakan start melayang. Yang bukan merupakan faktor penting dalam berlatih lari jarak menengah adalah gaya. Lebar lintasan lempar lembing adalah 4 meter. Nomor lempar lembing disebut juga javelin throw. Yang membedakan gaya dalam lompat jauh adalah pada saat melayang di udara. Induk Organisasi Atletik Nasional adalah PASI.
Tahap-tahap dalam lempar lembing gaya hop step, adalah lari cepat dilanjutkan langkah silang, jingkat, lempar. Jika saat jatuh di tanah, lembing tidak menancap atau membuat tanda, maka tidak sah dan tidak diukur . Cara melakukan awalan yang baik dalam lompat jauh adalah lari dengan kecepatan tinggi. Urutan gerakan tolakan kaki dalam lompat jauh adalah tumit-telapak kaki-ujung kaki. Pada lompat jauh gaya menggantung sikap badan saat di udara adalah melenting ke belakang. Dalam lari jarak menengah,latihan lari 100 m dan 400 m bertujuan untuk melatih kecepatan. Lari 50 meter menggunakan start jongkok. Lari 50 meter dari saat start sampai finish dilakukan dengan kecepatan maksimal. Sikap badan saat lari cepat adalah condong ke depan.
Pada saat memasuki garis finish yang harus diperhatikan adalah tidak melakukan gerakan melompat. Fungsi awalan dalam lompat jauh gaya jongkok adalah mendapatkan kecepatan saat melompa. Pada saat melakukan tolakan,kaki yang berfungsi sebagai kaki tolak adalah kaki kiri. Pada saat di udara lompat jauh gaya jongkok sikap kedua lengan lurus ke samping. Jadi teknik lompat jauh ada empat yaitu awalan, tolakan, melayang , dan mendarat. Gaya lompat jauh ada tiga yaitu jongkok, melayang, dan berjalan di udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar